Menanam cabai secara hidroponik sudah banyak di bahas, namun pada kesempatan ini saya akan mencoba memberi gambaran sistem hidroponik cabai dengan mengadopsi cara kerja sumbu kompor, yang mana sistem hidroponik cabe ini sering disebut hidroponik sistem wicks. Penanaman cabai secara hidroponik ini tidak jauh beda prosesnya dengan menanam secara konvensional, baik dalam pembibitan cabai, penyemaian maupun dalam menanam. yang membedakan hanyalah pada pemeliharaan dan pemberian pupuknya saja, dengan sistem hidroponik keuntungannya adalah kita tidak perlu repot dalam menyiram tanaman cabai.

Penyemaian cabai untuk hidroponik

Penyemaian cabai untuk hidroponik tidak ada beda dengan penyemaian cabai yang menggunakan media tanah. Berikut ini tahapan penyemaian cabai

1. Rendam cabai yang akan disemai. Perendaman dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan kecambah, selain itu dapat kita seleksi mutu benih cabai yang nanti nya akan mengalami pertumbuhan sempurna. Yaitu untuk biji cabai yang terapung, kita singkirkan saja atau kita buang. Sebaiknya dalam melakukan perendaman cabai diberikan pula zat pengatur tumbuh ( ZPT ) guna mempercepat pertumbuhan cabai.

2. Setelah dilakukan perendaman, bungkus cabai dengan kain basah selama seharian. Perlakuan ini dimaksudkan untuk mempercepat proses cabai dalam berkecambah. Sifat basah dan gelap mendorong kecambah untuk melakukan fototropi positif yaitu suatu gerakan untuk mencari cahaya.

3. Setelah kecambah muncul kemudian lakukan menyemaian. Pemyemaian bisa menggunakan tempat semai yang bisa anda beli di toko pertanian atau menggunakan wadah plastik yang telah diberi media berupa sekam bakar atau coco peat.


Itulah sekilas proses semai cabai untuk sistem hidroponik yang tidak jauh beda dengan sistem menanam cabai pada umumnya


Tahap penanaman cabai hidroponik cabai sistem sumbu

Sistem hidroponik cabai yang mengadopsi sistem sumbu kompor ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai lahan terbatas dan sistem ini tidak memerlukan biaya yang mahal, anda bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai. Adapun bahan dan peralatan yang diperlukan untuk menanam cabai secara hidroponik dengan sistem wick adalah sebagai berikut :


1.    Styrofoam dengan tebal minimal 2 cm

2.    Ember plastik

3.    Pot plastik

Langkah-langkah penanaman cabai hidroponik dengan sistem wicks :

Buat Styrofoam berbentuk lingkaran / kotak, kemudian lubangi Styrofoam seukuran pot

0 Response to " "

Posting Komentar